link href='/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> Manfaat Yodium Bagi Ibu Hamil | sehat

Manfaat Yodium Bagi Ibu Hamil

 Ternyata yodium sangat bermanfaat bagi perempuan hamil Manfaat Yodium Bagi Ibu Hamil
Banyak orang yang belum memahami manfaat yodium bagi ibu hamil. Ternyata yodium sangat bermanfaat bagi perempuan hamil, khususnya dalam hal perkembangan otak janin.

Pernah dengar tidak, bahwa kekurangan yodium sanggup menimbulkan pertumbuhan anak terhambat disertai tingkat kecerdasan di bawah rata-rata? Nah, itulah yang akan terjadi kalau di masa hamil, ibu kurang mengasup yodium, sehingga janinnya pun mengalami defisiensi yodium.

Peran mineral yodium sangat penting selama kehamilan berlangsung. Tidak heran, kurangnya asupan yodium ketika hamil membuat si kecil kelak sulit membuatkan ketrampilan membaca dan ketrampilan lainnya. Kesimpulan itu didapat dari penelitian yang dilaksanakan oleh University of Tasmania, Australia, pada 228 anak berusia 9 tahun yang dilahirkan sekitar 1999-2001. Dampak jangka panjang pada anak yang kekurangan yodium semenjak masa janin antara alin skor yang lebih rendah dalam tes aksara, khususnya dalam mengeja.

Mengapa peranan yodium besar dalam perkembangan otak? Kurang lebih 75% asupan yodium dipergunakan oleh kelenjar tiroid (gondok) pada leher untuk memproduksi hormon tiroksin, yaitu hormon yang mengatur acara aneka macam organ, mengontrol pertumbuhan organ tubuh, dan membantu proses metabolisme. Demikian pula dengan pertumbuhan otak pada janin dan anak. Inilah yang menjadi salah satu penyebab yodium mempunyai peranan besar dalam kehamilan.

Selain itu, yodium juga berperan dalam perubahan karoten menjadi bentuk aktif vitamin A, sintesis protein, dan penyerapan karbohidrat pada susukan cerna. Masih ada lagi, yodium berperan pula dalam sintesis kolesterol darah.

 

 

Memenuhi Kebutuhan Ibu Hamil Akan Yodium


 Ternyata yodium sangat bermanfaat bagi perempuan hamil Manfaat Yodium Bagi Ibu Hamil
Lantas, berapa banyak tubuh kita membutuhkan yodium? Ternyata sangat sedikit, sekitar 0,00004% dari berat badan. Untuk orang dewasa, kira-kira jumlahnya 15-23 mg. Pada masa kehamilan kebutuhannya menjadi minimal 220 mg yodium dalam sehari.

Meski jumlah yang diharapkan sedikit, ternyata cukup sulit untuk sanggup memenuhi kebutuhan tersebut dari porsi materi kuliner sumber yodium. Mengapa? Yodium merupakan salah satu dari mineral yang bersifat sensitif terhadap panas dan cahaya. Boleh dikatakan kehilangan yodium berbanding lurus dengan suhu dan lamanya waktu pengolahan makanan. Semakin tinggi suhu dan semakin usang waktu yang digunakan untuk mengolah materi makanan, maka semakin tinggi jumlah yodium yang berkurang. Menurut data WHO, tubuh kesehatan dunia, proses penggorengan akan mengurangi kandungan yodium sebesar 20%, pemanggangan sekitar 23%, dan perebusan sebesar 58%. Dengan demikian, kandungan yodium pada materi kuliner yang dikonsumsi tidak hingga 100% masuk ke dalam sistem pencernaan.

 

 

Menyiasati Kekurangan Yodium Akibat Proses Pengolahan Makanan


 Ternyata yodium sangat bermanfaat bagi perempuan hamil Manfaat Yodium Bagi Ibu Hamil
Untuk menyiasati kekurangan yodium tanggapan proses pengolahan kuliner ada beberapa cara yang sanggup dilakukan :
  1. Hindari pengolahan bahan-bahan kuliner yang mengandung yodium menjadi masakan yang pedas dan asam alasannya akan menghilangkan kadar yodium.
  2. Ibu hendaknya juga memperhatikan sumber materi kuliner yang mengandung yodium. Laut merupakan sumber utama yodium. Dengan demikian kuliner laut, menyerupai ikan, udang, kerang-kerangan, serta rumput maritim yang sanggup dimakan merupakan materi kuliner yang kaya akan yodium.
  3. Bahan kuliner lain sebagai sumber yodium ialah sereal, kacang-kacangan, buah, sayuran, daging, susu dan olahan susu, serta telur yang diambil dari lahan yang memang mempunyai kandungan yodium yang cukup. Untuk mencukupi kebutuhan yodium ibu hamil selama seminggu, makanlah dua porsi ikan dan tiga porsi susu atau olahannya (segelas susu, youghurt, atau sepotong keju).
  4. Mengingat pentingnya asupan yodium, para hebat teknologi pangan lantas membuat garam ber-yodium. Kita tahu, garam ialah bumbu yang paling banyak digunakan dalam masakan sehari-hari, sehingga bisa memenuhi kebutuhan akan mineral ini.

 

 

Kekurangan Yodium Selama Masa Kehamilan

 

 Ternyata yodium sangat bermanfaat bagi perempuan hamil Manfaat Yodium Bagi Ibu Hamil
Penting diperhatikan, kekurangan yodium pada masa kehamilan tidak mempunyai tanda-tanda khas. Pada sebagian kasus, memang ada yang ditandai dengan pembesaran gondok. Ibu hamil yang kekurangan yodium umumnya juga akan melahirkan bayi yang juga menderita kekurangan yodium. Jika bayi tersebut tidak segera diobati, pada usia 1 tahun, biasanya akan terjadi pembesaran pada kelenjar gondoknya. Kekurangan yodium pada masa kehamilan juga sanggup menimbulkan keguguran impulsif serta ada kemungkinan si bayi kelak tidak mempunyai pertumbuhan tinggi tubuh yang maksimal (menjadi cebol).

Tak hanya itu, kekurangan yodium untuk ibu hamil yang terjadi pada usia kehamilan 15 ahad hingga usia anak 3 tahun, sanggup menimbulkan gangguan perkembangan otak dan sistem saraf pusat. Adanya kekurangan yodium pada janin, kelak juga sanggup menghipnotis fungsi kelenjar tiroid pada bayi gres lahir. Padahal perkembangan otak pada bayi dan anak dipengaruhi pula oleh fungsi kelenjar tiroid.

Ini sesuai dengan penelitian yangdilakukan oleh University of Tasmania, Australia yang telah dijabarkan di atas bahwa kekuranagan yodium ketika janin berada dalam kandungan berdampak pada kemampuan membaca atau mengeja. Artinya, dampak kekurangan yodium kuat juga pada perkembangan kemampuan telinga dan kinerja memori telinga anak.

Sedangkan gangguan lain pada perkembangan otak dan sistem saraf sentra yang serius dan bersifat permanen ialah kretinisme atau keterbelakangan mental. Bayi dengan keterbelakangan mental ditandai dengan ciri-ciri gangguan mental, bisu, dan gangguan pendengaran, serta gangguan neuromotorik (kelemahan pada otot pangkal dan paha). Selain itu, terdapat ciri-ciri lemas dan mengantuk yang terus-menerus, ada kendala pertumbuhan, konstipasi, muka sembab dan verbal bodoh, pengecap tebal dan besar, rambut berangasan dan kering.
Itulah mengapa, meski jumlah yang diharapkan oleh tubuh sedikit, sangat penting bagi ibu untuk mempertahankan kadar yodium yang optimal selama kehamilannya. Pada beberapa kasus, ada kalanya dokter menyarankan ibu hamil mengkonsumsi embel-embel yang mengandung yodium semoga bayi lahir normal.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai seputar problem kehamilan, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Yodium Bagi Ibu Hamil"

  1. How to make money in real money with online bookmakers
    You can make 카지노사이트 money from online bookmakers by making a bet, by following the steps listed below: · Make a kadangpintar deposit. · Make a deposit หารายได้เสริม to your bookmaker. · Step 4. · Select the

    BalasHapus